PENEMUAN ALAT CANGGIH DI BIDANG KESEHATAN

Mengobati penyakit tak lagi harus bergantung pada sayatan pisau operasi atau keampuhan obat racikan ahli farmasi. Para praktisi medis mulai melirik pendekatan lain seperti rekayasa genetika dan program komputer.

Di masa depan, penyakit bawaan mungkin bisa dienyahkan dengan melakukan rekayasa genetika. Di masa depan, kemampuan fisik dan kecerdasan manusia mungkin dapat didongkrak dengan menggunakan aplikasi ponsel. Di masa depan, deteksi kanker mungkin berlangsung sekejap mata lantaran tersedia data super komplet.

Lanjutan dari artikel sebelumnya, inilah 5 gebrakan di bidang kesehatan, seperti dilansir CNN dan ditulis pada Senin (5/5/2014):

1. Tepis penyakit dengan mengutak-atik gen
Kelak, kelainan yang disebabkan oleh kondisi genetik seperti anemia sel sabit atau fibrosis sistik dapat dihindari dengan menanamkan kode genetik normal. Ya, para ilmuwan mencoba mengatasi penyakit tertentu dengan melakukan rekayasa genetika. Kini percobaan semacam itu telah dilakukan pada kasus kebutaan dan Parkinson. Dalam terapi tersebut, DNA yang baik diletakkan pada virus yang kemudian menyebar ke sel-sel di seluruh tubuh.

2. Menciptakan manusia super
Para ilmuwan mencoba mengembangkan metode untuk mendongkrak kemampuan otak manusia dengan menggunakan program komputer atau aplikasi ponsel. Baru-baru ini, telah dilakukan uji coba aplikasi UltimEyes pada 19 pemain bisbol di perguruan tinggi. Aplikasi tersebut berfungsi melatih korteks visual, yakni bagian otak yang mengontrol penglihatan. Ternyata kemampuan penglihatan para atlet tersebut meningkat 31%, beberapa bahkan memiliki nilai visual di atas 20/20.

3. Mendeteksi kanker dengan cepat
Saat ini penanganan kanker masih tergolong lambat karena data-data pasien terkunci dalam dokumen yang tidak saling terhubung. Tetapi dengan komputer super IBM, Watson, data penyakit maupun hasil terapi dapat diintegrasikan. Dokter dan pasien dapat mengakses pilihan pengobatan berdasarkan pengalaman pasien lain. Dokter juga terbantu untuk mengenali pola penyakit kanker, mendiagnosis, saling berbagi informasi, dan berkoordinasi dengan dokter lain di seluruh dunia.

4. Sensor gerak dan monitor kesehatan
Apakah Anda tahu level gula darah, kadar oksigen, dan level hidrasi tubuh setiap saat? Di masa depan, hal tersebut mungkin saja dilakukan. Ilmuwan sedang mengembangkan sensor yang dapat mendeteksi seluruh gerakan tubuh, mengirimkan detail informasi kesehatan, serta menawarkan saran kesehatan. Sementara ini, para ilmuwan telah berhasil menciptakan kaus kaki yang dapat merekam tekanan kaki, suhu tubuh, dan denyut jantung ketika orang sedang berolahraga.

 

sumber: https://health.detik.com/read/2014/05/05/120122/2573185/763/5/canggih-dan-menakjubkan-inilah-10-teknologi-kesehatan-di-masa-depan–2-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *